Rapat Ranham B06 Peduli Hak Asasi Manusia

Foto untuk : Rapat Ranham B06 Peduli Hak Asasi Manusia

Gunung Mas – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gunung Mas Drs. Ambo Jabar, M.Si membuka Rapat Evaluasi Ranham B06 dan kriteria daerah Kab. Kota, peduli hak asasi manusia (HAM) Kabupaten Gunung Mas bertempat di lantai 1 Kantor Bupati Gunung Mas, Kamis (19/9/2019) pagi.

Hak Asasi manusia merupakan Hak Dasar yang secara kodrat melakat pada diri setiap Manusia, bersifat Universal dan langgeng oleh karena itu harus dihormati, dipenuhi, dilindungi, ditegakkan, dan dimajukan.

“Pelaksanaan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan, dan pemajuan Hak Asasi Manusia, akan menciptakan kesejahteraan, kedamaian, ketentraman dan keadilan bagi masyarakat,” ujarnya.

Lanjut dia Kabupaten Gunung Mas pada tahun 2017 mendapatkan penghargaan yang peduli hak asasi manusia dilaksanakan di Jawa Tengah. Adapun hasil yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, karana tidak semua Kabupaten di Kalimantan Tengah yang mendapatkan. Agar apa yang diharapkan secara khusus data yang harus kita perbaharui dan menyesuaikan dengan keadaan dan tuntutan, sehingga hal ini dapat kita penuhi.

“Beliau mengharapakan, apabila dari kehadiran kita saja sudah tidak memenuhi target, bagaimana sasaran kita bisa maksimal untuk m encapai target terutama data yang diharapkan,” katanya.

Dia berharap tingkatkan, koodinasi yang baik terutama antara stakeholder baik pusat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, dalam rangka melakukan kajian regulasi untuk mendorong pelaksanaan rencana aksi Nasional hak asasi Nasional manusia, hak-hak masyarakat.

Tujuan rapat tersebut kiranya dapat memberikan penjelasan teknis mengenai pelaksanaan atau inplementasi tentang Ranham berupa laporan aksi ham yang dilakukan setiap satu kali tiga bulan atau pertriwulan, dan harus memperkenalkan dan memberikan penjelasan teknis.

Kegiatan rapat evaluasi ini merupakan sala satu upaya dalam rangka, pencapaian penyusunan pemantauan evaluasi dan pelaporan, rencana-rencana aksi ham antara Kementerian, lembaga dan organisasi perangka daerah (OPD).

“Pemerintah Daerah akan terus mendorong, kerja sama dan koordinasi dalam rangka penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pamajuan hak asasi manusia, serta memajukan hak asasi manusai di Kabupaten Gunung Mas,” jelasnya.

Tentu hal ini penting menjadi perhatian kita agar meningkatkan, sinergisitas dalam menghimpun data-data yang saling mendukung dan melengkapi serta menyempurnakan sesuai dengan data-data tahun 2019.

“Ini merupakan bagian tugas pokok dan pungsi kita yang harus kita lakukan, sehingga harapan kita apa yang menjadi persetujuaan ini bisa kita maksimalkan, tentunya bisa mengharapkan hasil yang lebih baik, sehingga tidak hanya sekedar pormalitas,” pungkasnya.    

IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri
Lokasi Kantor